AKABI DITJEN TANAMAN PANGAN KEMENTAN GELAR GERAKAN TANAM KEDELAI DI CIANJUR DAN SUKABUMI JABAR

banner 160x600
banner 468x60
cianjur kedelai

Kadistan Cianjur Mamat nano bersama Kasubdit Kedelai AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Mulyono (baju putih)  saat acara gerakan  tanam Kedelai di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kamis (16/7/2020)(Foto Bahar Jakarta News)

JAKARTANEWSon- Cianjur, Guna meningkatkan produksi kedelai di Indonesia yang saat ini banyak disuplay dari impor kedelai USA, Direktorat Aneka kacang dan umbi umbian (AKABI) ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan terobosan baru dengan mengelar gerakan tanam serentak di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat (Jabar), Kamis (16/7/2020).

Kepala Dinas Pertanian Cianjur Jawa Barat, Mamat Nano, SP, MP, Mengatakan,Kegiatan kedelai di Kabupaten Cianjur Tahun 2020 mendapat bantuan APBN dari pemerintah pusat melalui Direktorat AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan. Tahun ini sebesar, 5.000 hektare dilokasi 19 Kecamatan. Target tanam seluas 8.204 hektare dengan realisasi sampai bulan Juni sebesar 2.791 hektare atau (34,02 persen)," katanya.
 
Kepala Dinas Pertanian Cianjur Jawa Barat, Mamat Nano juga menjelaskan, bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Akabi Ditjen Tanaman Pangan Kementan tahun ini meliputi, benih kedelai var anjasmoro, 225.ooo kg, pupupk hayati cair 15.000 liter, pestisida 15.000 liter, rhizobium 25.000 saqchet," jelasnya.

Untuk Kecamatan Sukaluyu kata Kepala Dinas Pertanian Cianjur Jawa Barat, Mamat Nano bantuan kedelainya 600 hektare yang meliputi benih kedelai sebanyak 27.000 kg, pupupk hayati cair sebanyak 1.800 liter, pestisida 1.800 liter, rhizobium sebesar 150.000 gram (3.000 sachet).

cianjur 2

Kepala Dinas Pertanian Cianjur Jawa Barat, Mamat Nano di Desa Mekar jaya Kecamatan Sukaluyu Cianjur juga berharap dengan adanya tanam serentak kedelai dan bantuan dari AKABI Tanaman pangan Kementan di Kabupaten Cianjur ini, petani bisa terbantu meningkatkan produksi kedelainya. pendapatan dan perekonomian petani di Cianjur bisa meningkat dan sejahtera. Untuk potensi optimal sentra budidaya kedelai seluas 4.000 hektare. 

Kepala Dinas Pertanian Cianjur Jawa Barat, Mamat Nano juga meminta agar pemerintah atau semua pihak terkait bisa terus membantu petani kedelai di wilayahnya utamnya kepastian harga dan kepastian pembelinya saat petani panen kedelai nanti," katanya. 

Pada acara gerakan tanam kedelai di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jumat (18/7), Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Ir. Sudrajat, MM mengatakan, luas pertanaman kedelai di Sukabumi tahun 2020 ini seluas 20 ribu hektare lebih dan di kecamatan ciracap ini ada pertanaman kedelai seluas 1083 hektare. realisasi tanam juga ada dari swadaya, sekitar 2 ribu hektare. program bantuan kedelai dari APBN melalui Direktorat AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementaan sebesar 9.800 hektare.pada tahun sebelumnya tahun 2017 mencapai 20 ribu hektare untuk Kabupaten Sukabumi," katanya.

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sudrajat juga menjelaskan, petani kedelai di di Sukabumi saat ini sedang bersemnagat tanam kedelain karena harga kedelai saat ini sedang bagus, berkisar Rp 7 ribu per Kg. rata-rata produtivitas petani kedelai di sini 1,3 ton per hektare nya.dengan memakai bibit kedelai Anjosmoro bantuan APBN pemerintah Pusat lewat Dit AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan," katanya.

sukabumi 2

Kedepan kata Kadistan kabupaten Sukabumi, Sudrajat petani kedelai disini minta kepastian harga dan kepastian penjualan kalau petani sudah panen kedelainya. selama ini kendala yang dihadapi petani kedelai di daerahnya adalah, tidak adanya kepastian harga dan kepastian penjualan," jelasnya.

Pada acara yang sama, Camat Ciracap Deden Sumenap menambahkan, pertanaman kedelai di daeranya saat ini sangat maju pesat karena petani bersemangat tanam, kedelai dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat Dit AKABI Ditjen tanaman pangan Kementan.

Ia akan mendorong pertanaman kedelai di kecamatannya uyntuk terus meningkatkan produksinya untuk kesejahteraan masyarakat disini. Pihaknya akan terus memantau petani kedelai di wilayahnya untuk maksimakanl tanam dengan bantuan pemerintah tersebut," katanya.

Menanggapi keluhan petani tersebut, Kasubdit Kedelai AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Mulyono mengatakan, kedepan pihaknya akan membentuk koorporasi petani kedelai disetiap sentra pertanaman kedelai di setiap daerah. semua pihak terkait akan di kumpulkan untuk menyelesaikan persoalan tat niaga kedelai dari hulu sampai hilir, agar harga dan pemasaran kedelai petani nantinya ada kepastian harga dan keopastian pembelinya," katanya.

sukabumi 3

"Sementara ini baru Daerah Grobokan yang mualai jalan sebagai percontohan koorpoorasi petani kedelai. Dalam waktu dekat Kabupaten Sukabumi juga akan dibentuk Koorporasi kedelai agar tata niaga kedelai bisa tertata dengan baik, utamnya pada jaminan harga dan jaminan pemasarannya yang selama ini jadi kendala di tingkat petani," ungkap Mulyono.

Ia juga mengatakan, Dit AKABI tahun ini akan konsen pada pertanaman kedelai dengan membentuk koorporasi di setisp daerah sentra produksi kedelai. pihaknya akan mengumpulkan kopti dan pihak lainnya yang terkait per kedelaian di Indonesia. Ia juga akan melibatkan Kredit usaha Rakyat (KUR) untuk pembiyaannya kedelai nanti.Kementan saat ini sedang giat-giatnya menjalangkan program KUR disetiap daerah," katanya.

Perkedelaian nasional kita tahun ini harus bangkit, petani tidak ada alasan untuk tidak tanam, sebab pemerintah pusat dalam hal ini Dit AKABI Ditjen Tanaman Pangan Kementan memberikan baantuan besar untuk pertanaman dan pengembangan kedelai ini.di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi Jawa barat, paling tidak ada produksi skala besar di setiap daerah untuk mengurangi impor yang saat ini menguasai pasaran kedelai di dalam negeri. Kedelai lokal kita tidak kalah kwalitasnya dari kedelai impor yang masuk di Indonesia," kata Mulyono.

Bace Saefuddin ketua kelompok tani (gapoktan Jaya mekar Cianjur)  mengatakan berterima kasih dengan adanya bantuan ke petani kedelai Cianjur dari pemerintah pusat lewat AKABI Ditjen Kementereian Pertanian, tahun ini tanam kedelainya sudah direalisasikan dibebrapa kelompok tani lainya di kabupaten cianjur Jawa barat," katanya.

Kalau bisa bantuannya ditambah lagi tahun depan tutur Saefuddin. utamanya mesin panen kedelai dan mesin perontok  perontok rumput. Kami juga kelompok tani mengharapkan adanya bantuan pembiyayaan atau KUR dari program Kementerian pertanian bisa kami nikmati para petani kedelai di Kabupaten Cianjur ini," kata saefuddin.. .(Bahar)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "AKABI DITJEN TANAMAN PANGAN KEMENTAN GELAR GERAKAN TANAM KEDELAI DI CIANJUR DAN SUKABUMI JABAR"