BALAI BESAR KARANTINA BANDUNG GELAR SOSIALISASI UU KHIT NO 21 TAHUN 2019 DI MAJALENGKA JAWA BARAT

banner 160x600
banner 468x60
uu 21

Acara sosialisasi Undang-Undang RI KHIT NO 21 Tahun 20119 (UU) Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (KHIT). Acara sosialisasi ini digelar di Aula Hotel Fitra Majalengka, Kamis (12/3/2020).

JAKARTANEWSon- Majalengka ,Kementerian Pertanian (Kementan) dalam hal ini Balai Besar Karantina kelas 1 bandung Jawa Barat menggelar sosialisasi Undang-Undang RI KHIT NO 21 Tahun 20119 (UU) Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan (KHIT), dan menjelaskan UU Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan. Kedua UU ini akan menggantikan UU lama Nomor 12 Tahun 1992. Acara sosialisasi ini digelar di Aula Hotel Fitra Majalengka, Kamis (12/3/2020).

"UU KHIT NO 21 TAHUN 2019 ini akan menggantikan UU lama Nomor 12 Tahun 1992, dengan poin utamanya untuk memperkuat petani kecil dan mengembangkan sektor pertanian Indonesia. UU ini dirancang secara khusus untuk memperkuat perlindungan para petani kecil dari serangan barang impor yang mengandung bakteri hama penyakit.

Kepala Badan Karantina Kementan, Ali Jamil, beberapa waktu lalu menjelaskan, UU berkelanjutan ini secara khusus juga akan mengatur keamanan mutu pangan dan keamanan mutu pakan. Selain itu, ada juga peningkatan perlindungan tumbuhan satwa liar yang terintegrasi dengan karantina.

"Inilah bentuk perlindungan kami kepada petani kecil. Dalam RUU yang baru ini, kita akan memperkuat pencegahan masuk dan tersebarnya hama penyakit hewan, hama penyakit ikan dan organisme pengganggu tumbuhan. Di samping itu, ada juga poin tentang ketertelusuran," kata Kabarantan Ali jamil.

Hadir pada acara sosialisasi UU KHIT NO 21 TAHUN 2019 di tasikmalaya antara lain, kepala bagian Hukum Dan Humas Barantan  Karsad, STP, MP dan Tim, Ir. Iyus Hidayat, MP. Kepala SKP Kelas I Bandung, Drh. Ozy Fahrurrozy, MM kepala Subseksi pelayanan Operasional. Peserta Para pengguna Jasa dan Pegawai Karantina pertanian SKP kelas I Bandung dan Instansi terkait lainnya.    

Polres Majalengka, Kapolsek Kertajati Polres Majalengka IPTU H.Yayat bersama IPDA Yuda Irawan juga ikut menghadiri Sosialisasi Undang undang RI KHIT nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Oleh Badan Karantina Tumbuhan Kelas 1 Bandung.

Sosialisasi Undang undang RI nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Oleh Badan Karantina Tumbuhan Kelas 1 Bandung dihadiri Peserta Sosialisasi kurang lebih 150 Orang terdiri dari Instansi instansi Kabupaten Majalengka yang berhubungan dengan Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Kegiatan Sosialisasi Undang undang RI nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan merupakan sosialisasi yang di selenggarakan oleh Badan Karantina Pertanian kelas 1 Bandung di Aula Hotel Fitra Majalengka

Susunan Acara dalam Kegiatan Sosialisasi Undang undang RI nomor 21 Tahun 2019 ttg Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan diawali dengan Pembukaan, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Doa, laporan Penyelenggara Kegiatan, Sambutan selamat datang oleh Asda Perekonomian ( H.Wawan), sambutan dan Pembukaan Sosialisasi, materi sosialiasi dan Penutup.  (Bhr)

 

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "BALAI BESAR KARANTINA BANDUNG GELAR SOSIALISASI UU KHIT NO 21 TAHUN 2019 DI MAJALENGKA JAWA BARAT"