BALAI KARANTINA PERTANIAN MERAUKE GELAR AGRO GEMILANG DI KAMPUS

banner 160x600
banner 468x60
merauke 17

Kabalai Karantina Pertanian Merauke, Sudirman, laksanakan sosialisasi Agrogemilang di Universitas Musamus Merauke, dengan tema "Pemanfaatan Teknologi Informasi Mendukung Ekspor Produk Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Merauke, Selasa (17/12/2019).

JAKARTANEWSon- Merauke, Balai Karantina Pertanian Merauke melaksanakan sosialisasi Agrogemilang di Universitas Musamus Merauke, dengan tema "Pemanfaatan Teknologi Informasi Mendukung Ekspor Produk Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Merauke, Selasa (17/12/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Karantina Pertanian Merauke, Sudirman SP mengatakan, lalu lintas perdagangan berjalan cepat, karena sudah terkoneksi dengan internet. "Tren belanja melalui online cepat sekali. Kita harus mewaspadai apabila ada yang ingin memasukkan benih-benih, hewan dan produk hewan yang berpotensi merugikan petani lokal" ujarnya.

Balai Karantina Pertanian Merauke memiliki tupoksi mencegah tersebarnya Hama dan Penyakit Hewan Karantina dan Organisme Pengganggi Tumbuhan dari luar ke dalam negeri, antar area dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu kata Sudirman, Karantina harus mendorong produk-produk pertanian lokal agar bisa mencapai pasar luar negeri (ekspor). Maka perlu kerjasama dengan Pemda, Universitas, masyarakat, gapoktan, dan terutama pemuda. "Agrogemilang (Ayo Gerakkan Ekspor Generasi Milenial Bangsa) hadir mendorong pemuda-pemuda berani memasarkan produk pertanian. Selain itu, mengajak generasi milenial menjadi bagian dari GRATIEKS 'Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian," tegas Sudirman.

Sudirman juga menjelaskan, dalam meningkatkan pembangunan pertanian, Kementerian Pertanian memiliki program andalan yang nantinya akan menyentuh petani sampai tingkat kecamatan. Program tersebut akan memberikan data dan informasi pertanian secara akurat. "Program Konstratani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian) untuk membangun pertanian lokal. BPTP, BPP, dan Gapoktan akan didorong proaktif untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional," jelasnya. (Bhr)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "BALAI KARANTINA PERTANIAN MERAUKE GELAR AGRO GEMILANG DI KAMPUS"