IYUS HIDAYAT : BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA BARAT DALAM WAKTU DEKAT AKAN EKSPOR BERAS KE NEGARA EROPA

banner 160x600
banner 468x60
bandung 1

kepala Stasiun karantina Pertanian kelas 1 Bandung. Ir Iyus Hidayat saat wawancara di ruangan kerjanya di kota Bandung, Selasa (17/12/2019)(foto Bahar By Jakarta News)

JAKARTANEWSon- Bandung, Sesuai Program yang digulirkan dan diperintahkan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo untuk ekspor 3 kali lipat dan arahan Kabadan Karantina Pertanian Kementan Ali Jamil, terkait arahan tersebut dalam  waktu dekat di Jawa Barat ini akan dilaksanakan ekspor beras organik ke negara eropa utamanya negara Jerman swedia dan Turky. Demikian disampaikan Kepala Stasiun karantina Pertanian kelas 1 Bandung. Ir Iyus Hidayat saat wawancara di ruangan kerjanya di kota Bandung, Selasa (17/12/2019).

"Selain perintah Mentan untuk meningkatkan gerakan ekspor 3 kali lipat Kami juga diperintah pak Kabadan Karantina Pertanian  Ali jamil, agar terus diberikan Support pada eksportir-eksportir  yang ada di Jawa Barat.  Rencananya akan dilakukan ekspor beras tiap bulan sebesar 200 ton ke negara Eropa," kata Iyus Hidayat.

Menurut Iyus Hidayat, Jawa Barat ini merupakan daerah yang sangat potensi pengembangan pertanian terutama tanaman pangan tanaman Hortikultura dan tanaman perkebunan  di Jawa Barat itu ada semua. Jawa Barat yang berbatasan dengan Provinsi Banten dan jawa Tengah dengan perkebunan teh dan karet terutama tanaman padi yang hampir semua kabupaten di Jawa Barat ada pertanaman padi.

Iyus Hidayat juga menjelaskan,Stasiun karantina Pertanian kelas 1 Bandung mempunyai 5 wilayah kerja yang sangat potensial untuk menggerakkan berbagai ekspor. daerah tasikmalaya di kecamatan Cisayong sudah ekspor beras organik ke negara Amerika. Rencananya tahun depan yang tinggal beberapa minggu lagi akan dilakukan ekspor beras dari Cirebon ke negara Eropa, Jerman dan swedia dan Turky. selain beras akan ada juga ekspor manggis dan mangga dari beberapa Kabupaten di Jabar, seperti dari Kabupaten tasikmalaya garut,Ciamis,Purwakarta, Subang, Sukabumi dan Bogor pengembangan pertanaman buah manggis dan buah mangga sangat tinggi sekali.
 
Menurut kepala Stasiun karantina Pertanian kelas 1 Bandung. Ir Iyus Hidayat,yang didampingi KTU Stasiun karantina Pertanian kelas 1 Bandung, Sunan Jaya SH, M.Si,  Selain ekspor Buah buahan di daerah Ciamis Banjar Tasik ada pabrik kayu albasia yang sudah di ekspor ke berbagai negara, juga ada ekspor tanaman hias dari Bandung Barat dan daerah Lembang. Intinya Balai karantina Bandung siap mendukung program Menteri pertanian dan Arahan Kabadan Karantina untuk menggerakkan ekspor produk pertanian 3 kali lipat dan mendukung program Korsatani di kecamatan di daerah Jawa Barat. Sebagai putra daerah Jawa Barat, tentunya kami punya tanggung jawab besar untuk memajukan Jawa Barat ini bersama sama instasnsi terkait lainnya dalam mendukung program tersebut.  (Bahar)

 

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "IYUS HIDAYAT : BALAI KARANTINA PERTANIAN JAWA BARAT DALAM WAKTU DEKAT AKAN EKSPOR BERAS KE NEGARA EROPA"