KINERJA EKSPOR BALAI KARANTINA PERTANIAN MANADO TAHUN 2019 CAPAI 200 PERSEN

banner 160x600
banner 468x60
manado ok

Kabarantan Ali Jamil dan Kabalai karantina Manado, Junaidi saat Ekspor

JAKARTANEWSon- Manado, berdasarkan laporan hasil analisis ekspor komoditas pertanian Balai Karantina Pertanian Manado selama tahun 2019 mengalami peningkatan hingga 200 persen. Indikator penilaian tersebut di hitung berdasarkan per  jenis komoditi, volume, Negara tujuan ekspor. Demikian disampaikan Kabalai Karantina Pertanian kelas 1 Manado, Ir. Junaidi MM di Manado, Selasa (7/1/2020).

Menurut Junaidi, Upaya peningkatan ekspor produk pertanian hingga 200% merupakan komitmen dari Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian pada tahun 2019 lalu. Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis yang turut berperan aktif dalam melaksanakan komitmen tersebut.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan data Iqfast system Balai Karantina Pertanian Manado terdapat 19 jenis komoditi  ekspor produk pertanian yang berasal dari Sulawesi Utara seperti  serat abaka,  santan kelapa, cengkeh, pala, bajaka, kopi biji dan lain sebagainya. Terdapat pula 37 Negara tujuan ekspor yang tersebar di empat benua seperti benua Australia, benua Afrika, benua Asia dan benua Eropa.

Junaidi juga mengungkapkan, 11 dari 19 jenis komoditi ekspor diantaranya mengalami peningkatan yang tak terhingga dikarenakan komoditi tersebut belum atau tidak di ekspor pada tahun 2018. Terhadap potensi komoditi dapat ditingkatkan sampai dengan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) berdasarkan program ekspor Badan Karantina  Pertanian 2020. (Bhr)

 

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "KINERJA EKSPOR BALAI KARANTINA PERTANIAN MANADO TAHUN 2019 CAPAI 200 PERSEN"