DITJEN HORTIKULTURA KEMENTAN GELAR OPERASI PASAR SELAMA 5 HARI, HARGA CABAI DAN BAWANG TURUN DIPASARAN

banner 160x600
banner 468x60

 

_DSC2093 

Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian (kementan), Dr Ir Spudnik Sujono MM (Kanan)  saat mengelar Operasi pasar Cabai dan Bawang Merah di Halaman kantornya dikawasan Pasar Minggu Jakarta selatan masyarakat sangat antusias dengan adanya Operasi pasar cabai dan Bawang Merah , Rabu, (16/3/2016) ( Foto by  Edwin Jakarta News )

 

JAKARTANEWSon- Untuk menurungkan harga Cabai dan bawang merah yang saat ini harganya melambung dipasaran, Kementerian pertanian dalam hal ini Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian (kementan) menggelar operasi pasar dilakukan mulai tanggal 16 sampai 20 maret untuk menormalkan harga-harga  tersebut. Demikian disampaikan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian (kementan), Dr Ir Spudnik Sujono Kamino, MM di Halaman kantor ditjen Holtikultura pasar minggu, Jakarta Selatan, Rabu  (16/3/2016).

 

"harga jual sampai jakarta 35.000 untuk cabai rawit 30.000 untuk cabai kriting jadi bisa dibayangkan saya dapat harga 20.000 kemudian harga dipasar induk 40.000 harga di retail 65.000 berapa persen naiknya? 200% naiknya jadi ini yang ingin saya sampaikan mereka yang artinya mohon maaf mereka yang mencari nafkah yang untungnya lepas kendali anomali," kata Dirjen Hortikultura Spudnik Sujono.

 

Spudnik Sujono juga mengatakan, sekarang barang itu ada tidak benar kalau cabai dan bawang merah langka jadi kalau saya bisa jual harga cabai keriting 30.000 harga cabai rawit 35.000 harusnya bisa kan. tuturnya

 

Dalam operasi pasar tersebut Ditjen Hortikultura kementerian Pertanian RI mengelontorkan sebanyak dua ton cabai dan tiga ton bawang merah disebar di pasar tradisional di Jabodetabek.

 

Menurut Spudnik selaku dirjen Holtikultura mengatakan , cabai merah dan bawang merah tidak mungkin langka, karena produksi bawang merah per bulannya 90 ton, sedangkan konsumsi mencapai 80 ton per bulan. Kemudian produksi cabai rawit per tahun 890 ton, sedankan konsumsi 650 ton.

 

Dirjen Hortikultura Spudnik Sujono juga mengungkapkan,Operasi pasar hari ini selama 5 hari kedepan Cabai kami datangkan langsung dari Magelang, sedangkan bawang merah dari Nganjuk dan Bima," ujarnya.

 

Pada operasi pasar yang dilakukan tersebut,harga cabai keriting Rp 30.000 per kg, dan cabai rawit Rp 35.000 per kg,bawang merah dijual Rp 29.000 per kg.

 

Lebih jauh Dirjen Hortikultura Spudnik Sujono mengatakan, pihaknya dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri serta daerah penghasil komoditi tersebut telah sepakat untuk mengawal distribusi komoditi holtikultura hingga ke pasar agar harga tetap stabil. tutupnya  (Win / Bahar)

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "DITJEN HORTIKULTURA KEMENTAN GELAR OPERASI PASAR SELAMA 5 HARI, HARGA CABAI DAN BAWANG TURUN DIPASARAN"