BADAN LITBANG KEMENTAN KERJASAMA LISESNSI DENGAN INDO FARMA CAP LANG KEMBANGKAN ANTI VIRUS CORONA

banner 160x600
banner 468x60
Kerjasama Litbangtan

Penandatanganan Perjanjian Lisensi Formula Antivirus Berbasis Minyak Eucalyptus Penandatanganan Kerjasama Balitbangtan dengan PT Eagle Indo Pharma

JAKARTANEWSon- Bogor, Kementrian Pertanian melalui Badan Litbang Peretanian kementan lakukan kerjasama pengembangan dan lisensi anti virus corona dengan PT Indo Farma yang dikenal punya prodak Cap Lang di Bogor, Senin (18/5/2020). Badan Litbang Pertanian Kementan terus memperluas kiprahnya sebagai lembaga litbang unggul dalam menghasilkan invensi-invensi sesuai dengan kebutuhan kekinian.

Menurut Kepala Badan Litbang Pertanian Kementan, Fadjry Djufry, meski dalam masa pandemik Covid-19, Balitbangtan berhasil melahirkan invensi yang siap dikembangkan menjadi inovasi unggul yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara umum.

Fadjry Djufry juga mengatakan, berdasarkan hasil pengujian Balitbangtan terhadap berbagai tumbuhan yang berpotensi sebagai antivirus corona, disimpulkan bahwa yang paling efektif ditemukan adalah pada tanaman eucalyptus yang memiliki kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol).

"Seluruh Menteri sudah banyak yang meminta antivirus ini, tetapi untuk di pasarkan keluar kami belum siap dikarenakan kami masih memproduksinya secara manual" ujar Fadjry Djufry.

Fadjry Djufry juga menjelaskan, Sebagai upaya hilirisasi invensi yang telah dihasilkan, dan sebagai wujud pengembangan invensi menjadi inovasi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara luas, Balitbangtan menggandeng mitra Kerja sama untuk pengembangan invensi tersebut melalui mekanisme kerja sama lisensi, dalam hal ini bersama PT Eagle Indo Pharma sebagai mitra lisensi Balitbangtan.

Ia juga mengungkapkan, mitra kerja sama mempunyai kewajiban untuk memproduksi teknologi dengan supervisi dari Balitbangtan. Kompensasi dari kegiatan komersialisasi tersebut, Balitbangtan nantinya akan mendapatkan imbalan royalti atas penjualan produk/teknologi yang dikembangkan.

PT Eagle Indo Pharma merupakan perusahaan swasta Nasional yang dikenal dengan merk dagang cap lang memiliki produk-produk berkualitas yang ada dipasaran. Dengan kerja sama ini diharapkan semakin cepat proses pengembangan produk untuk digunakan masyarakat sebagai upaya dalam pencegahan pengembangan pandemik virus corona

Kabalitbangtan Fadjry Djufry juga menjelaskan, langkah menggandeng mitra usaha PT. EIP ini, sebagai upaya perbanyakan produk. Dibutuhkan produksi dalam bentuk massal bagi masyarakat, dengan menggandeng perusahaan yang berpengalaman dan memiliki reputasi tinggi untuk menyerap hasil produksi petani.

“Harapannya mitra kami jni dapat menyerap hasil petani kita. Seperti petani dari Lampung dan Medan yang sudah mengembangkan beberapa jenis eucalyptus. Uji efektivitas produk yang ada, harapannya mendorong agar produk ini segera produksi massal,” kata Fadjry Djufry (Bahar)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "BADAN LITBANG KEMENTAN KERJASAMA LISESNSI DENGAN INDO FARMA CAP LANG KEMBANGKAN ANTI VIRUS CORONA"