BPPSDMP KEMENTAN GELAR KONSOLIDASI DENGAN MAHASISWA PERTANIAN SE INDONESIA DI JAKARTA

banner 160x600
banner 468x60
idha kapusdik

Kabadan PPSDMP Kementan, Prof Dedi Nursyamsi didampingi kapusdik BPPSDMP, Dr  Idha Widi Arsanti saat acara dengan Mahasiswa Pertanian BEM se Indonesia, di Jakarta Rabu (9/10/2019)

JAKARTANEWSon- Kementerian Pertanian (Kementan) melalui BPPSDMP menggelar konsolidasi dengan para mahasiswa yang bergabung dalam Badang Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pertania se Indonesia, guna mengakselerasi program-progam di Kementan kedepan.Demikian disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Prof Dedi Nur Syamsi saat acara dengan para Mahasiswa Pertanian se Indonesia di Gedung F Kantor pusat Kementan di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Menurut Dedi Nursyamsi, acara ini di harapkan bisa untuk mendengarkan aspirasi para Mahasiswa Fakultas Pertanian seluruh Indonesia.Serta mendorong Pemerintah untuk menambah kuantitas cetak irigasi dan pengembangan teknologi pertanian yang modern sekaligus untuk menyentuh para petani di seluruh Indonesia.

kegiatan konsolidasi ini juga diharapkan dapat Mendorong Pemerintah untuk meningkatkan kualitas cetak irigasi, dari irigasi semi teknis menjadi irigasi teknis sehingga dapat mengoptimalkan peningkatan produktivitas dan akan membantu petani dalam mengurangi kemungkinan gagal panen ketika musim kemarau

Dedi Nursyamsi juga mengatakan, upaya pemerintah sebagai salah satu penentu keberhasilan kedaulatan pangan Indonesia melalui program-programnya perlu diapresiasi.Terdapat Evaluasi pada sumber daya fisik, organisasi, maupun kelembagaan di bidang pertanian.Hal ini harus menjadi perhatian penuh pemerintah jika berencana melanjutkan program yang sudah pernah dilaksanakan.Penerus pembangungan Pertanian adalah para kaum muda yaitu kalian para mahasiswa Pertanian," kata Dedi.

widhi

Kapusdik BPPSDMP Kementan Dr.Idha Widi Arsanti, saat acara Kosolidasi Nasional Mahasiswa Peduli Pertanian Indonesia di Jakarta, Rabu (9/10/20-19) (Foto Bahar By Jakarta News)

Pada acara yang sama Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Kapusdik), Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dr.Idha Widi Arsanti menambahkan,lima atau 10 tahun ke depan, para mahasiswa akan menjadi penerima tongkat estafet dari para pelaku kepentingan di kementan untuk melanjutkan membangunan pertanian berikutnya. Jika nanti ada support mahasiswa di Kalimantan Selatan misalnya mereka ingin terlibat dalam Program Serasi, kami libatkan mereka," kata Kapusdik BPPSDMP Kementan.

Kapusdik Idha Widi Arsanti juga menjelaskan kalau pihaknya selalu mendukung mahasiswa untuk terlibat dan mengawasi program-program prioritas pemerintah. Bahkan Kementan sangat berharap mahasiswa bisa terlibat secara kongkrit. "Kami sangat ingin nanti mahasiswa terlibat dalam program Upus Pajale, yang merupakan program prioritas Kementan. Bukan hanya itu, tapi juga program lainnya, seperti Upsus Siwab, Serasi, Bekerja dan Petani Milenial," jelasnya.

Inti acara ini adalah kami ingin mengajak mahasiswa melihat kegiatan-kegiatan pertanian yang ada saat ini dan tentu saja bagaimana menyikapinya serta melihat selam lima tahun ini keberhasilnya. Dan sebagai pemegang estafet melanjutkan ke depan. Soal kritikan dari mahasiswa, Kementan sangat terbuka. Meksi program-program Kementan sudah menunjukkan produktivitas yang baik, tidak bisa pungkiri masih ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pemerintah kedepan", tuturnya.

"Kritik dan masukan para adik-adik mahasiswa kata Kapusdik Idha Widi Arsanti, kami sikapi dengan baik, misalnya alih fungsi lahan, traktor atau alsintan yang tidak tepat guna seperti yang disampaikan para mahasiwa tadi," ujar Idha. Namun begitu, dirinya menekankan agar mahasiswa juga memahami struktur pemerintahan agar tidak bercampur baur. Misalnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengatur terkait pasar dan harga dan pemerintah daerah terkait alokasi alsitan, distribusi pupuk dan benih," katanya.  (Bahar)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "BPPSDMP KEMENTAN GELAR KONSOLIDASI DENGAN MAHASISWA PERTANIAN SE INDONESIA DI JAKARTA"