KABADAN PPSDMP DR.IR MOMON RUSMONO MEWAKILI MENTAN WISUDA 73 SARJANA SAINS TERAPAN STPP GOWA

banner 160x600
banner 468x60

 WISUDA

GOWA,JAKARTANEWSon-Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dr Ir Momon Rusmono, MS,didampingi Ketua STPP Gowa, Dr Ir Syaifuddin, MP mewakili Menteri pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mewisuda 73 sarjana sains Terapan Angkatan X Tahun Akademik 2016-2017 di Aula Syech Yusuf Kampus STPP Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, Senin (28/08/2017).

"Program Studi Penyuluhan Pertanian sebanyak 39 orang dan Penyuluhan Peternakan sebanyak 34 orang dengan capaian prestasi akademik IPK tertinggi 3,88, IPK terendah 3,20 dan IPK rata-rata 3,50.

Menteri Pertanian (Mentan) Dr Ir H Andi Amran Sulaiman MP dalam sambutan wisuda STPP Gowa yang dibacakan Kepala BPPSDMP Dr Ir Momon Rusmono MS,wisuda merupakan momentum awal perjuangan para wisudawan dalam mengabdikan diri secara nyata di masyarakat. Saya berharap dari wisudawan STPP Gowa yang berjulah 73 orang kembali kedaerah untuk menjadi penyuluh pertanian yang tangguh karena ditangan kalianlah perubahan dibangun inovasi dan kesetia kawanan dikembagkan oleh penyuluhan pertanian dan penyuluhan peternakan.

Menurut Kabadan PPSDMP Dr Ir Momon Rusmono, MS ketika kembali ke daerah masing-masing, para lulusan STPP Gowa memiliki tugas menggerakkan masyarakat pertanian dalam meningkatkan produksi pangan, dan mengoptimalkan lahan yang belum produktif. Termasuk berkolaborasi dengan beberapa instansi agar pelaksanaan dapat berjalan lebih efektif.

Kabadan PPSDMP Dr Ir Momon Rusmono, MS juga mengatakan,sebagai penyuluh dan calon penyuluh pertanian juga diajarkan secara lansung bagaimana berwira usaha dibidang pertanian. Jiwa wira usaha harus ditularkan pada para petani sebagai mitra kerja agar dapt mengelola usaha tani dengan baik dan menguntungkan. Petani didorong untuk berorganisasi dsn berkelompok agar dapat mengatasi permasalahan usaha. Alsintan yang telah diberikan dan dibantu oleh pemerintah harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Wisuda Stpp

Menurut Kabadan PPSDMP Dr Ir Momon Rusmono, MS penyuluh pertanian diharapkan juga turut andil mendukung program re generasi petani, karena rata-rata tiap tahun kita kehilang 2 persen jumlah rumah tangga petani yang berpindah profesi,dari petani yang ada 61 persen dari data yang ada.memberikan keuntungan yang nyata sebagai nilai tambah membuat jejaring usha sehingga menciptakan sarana pasar dan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan regerasi petani juga diharapkan dapat mendukung cita-cita pemerintah.

"Jangka menengah dan jangka panjang yaitu tercapainya kesejahteraan petani dan kedaulatan pangan serta menjadikan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045. Dalam menumbuhkan minat generasi muda dalam sektor pertanian kita harus dapat mengubah paradikma mereka bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang menarik dan menjanjikan apabila dikelola dengan tekun dan sunguh-sungguh.

Kabadan PPSDMP Dr Ir Momon Rusmono, MS juga menjelaskan,menanamkan kesadaran akan kebutuhan pangan nasional pada beberapa kegiatan yang dilakukan BPPSDM Pertanian untuk mendorong di sektor pertanian antara lain, melakukan pendampingan mahasiswa dalam upaya khusus peningkatan produksi disentra prpduksi pangan penumbuhan usaha pertanian pada bidang pertanian oleh mahasiswa STPP dan alumni lainnya dikementerian Pertanian," jelasnya.

"Program ini dilakukan secara berkelompok dan didampingi selama 3 tahun untuk menjadi wirausaha yang mandiri dan tangguh kita juga akan melakukan transformasi STPP menjadi politeknikpembangunan Pertanian target 2018 kementerian pertaniab diharapkan sudah memeiliki 10 politeknik

Pada acara yang sama,Ketua STPP Gowa Dr. Ir. Syaifuddin, MP mengatakan, bahwa wisuda merupakan momen penting dan strategis, karena melalui wisuda ini, segenap sivitas akademika STPP Gowa melakukan evaluasi diri dan bentuk pertanggung jawaban STPP Gowa ke publik," katanya.

Ketua STPP Gowa Syaifuddin juga menjelaskan,Wisuda pada hari ini adalah bukti dan komitmen STPP Gowa untuk menghasilkan sarjana sains terapan (S.ST) dibidang penyuluhan pertanian dan peternakan yang siap mengabdikan diri sesuai tuntutan masyarakat dan perkembangan dibidang pertanian," jelasnya.

"Keberhasilan para wisudawan meraih gelar sarjana tidaklah diraih dengan mudah, melainkan diraih dengan kerja keras, dalam waktu yang lama, meninggalkan keluarga, bahkan kadang-kadang harus berada di dalam tekanan akademik.Pengorbanan saudara/saudari tidaklah sia-sia karena pada hari ini saudara telah membuktikan kemampuan saudara/saudari dengan meraih gelar sarjana Sains Terapan.

Ketua STPP Gowa Syaifuddin juga mengatakan,dengan meningkatnya latar belakang pendidikan diharapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan wisudawan dapat meningkat. Dengan meningkatnya latar belakang pendidikan maka kemampuan analisis wisudawan juga meningkat dari analisis menengah/sederhana menjadi analisis mendalam dan kompleks, ujar Dr. Syaifuddin," katanya.  (Bahar)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "KABADAN PPSDMP DR.IR MOMON RUSMONO MEWAKILI MENTAN WISUDA 73 SARJANA SAINS TERAPAN STPP GOWA"