KEMENTAN RESMIKAN MUSEUM PERTANIAN DI KOTA BOGOR

No comment 1780 Kali Dibaca
banner 160x600
banner 468x60
Jpeg

Sekjen Kementan, Syukur Iwantoro disela peresmian Museum Pertanian di Bogor, Senin (22/4/2019) (foto bahar By JakartanewsOn)

JAKARTANEWSon- Kementerian Pertanian (Kementan) meresmikan Museum Pertanian Nasional Indonesia di kota Bogor. Lokasi museum itu bertempat di belakang Museum Tanah, Jalan Juanda Nomor 98 yang tidak jauh dari Kebun Raya Bogor.

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro yang mewakili Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat meresmikan Museum Pertanian mengatakan, museum ini dibangun untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang kejayaan dan sejarah pertanian Indonesia. Bukan hanya sejarah, kebijakan pemerintah dari setiap presiden pun dijelaskan di museum ini.

Sekjen Syukur Iwantoro mencontohkan,petani Indonesia pernah berhasil menjadi pemasok rempah terbesar seperti pala, cengkeh dan lada yang diperdagangkan melalui jalur Sutra," katanya.

Pada acara peresmian Museum Pertanian pagi itu hadir juga, mantan-mantan menteri pertanian pada masanya dan wakil menteri serta pejabat terkait di kota Bogor, serta tamu dari negara Belanda. Serta Dirjen PKH Kementan juga beberapa pejabat Kementan lainnya.

Dirjen Kementan Syukur Iwantoro juga menjelaskan,dengan hadirnya Museum Pertanian ini banyak hal ini harus diketahui oleh masyarakat Indonesia, hal itu mengingatkan kita bahwa dahulu rempah berkontribusi besar bagi Indonesia karena penjualan rempah-rempah yang menjadi unggulan," kata Syukur saat meresmikan Museum Pertanian.

Syukur juga mengatakan, Selain itu Indonesia juga dulunya adalah eksportir gula terbesar di dunia setelah Kuba. Saat itu menjadi eksportir gula terbesar, didukung 197 unit pabrik dengan 3 juta ton puncak produksinya.

Kalau gula dikelola dengan baik kata Sekjen Kementan, tidak menutup kemungkinan kita akan mengembalikan kejayaan sebagai eksportir gula terbesar di dunia," jelas dia.

Lebih jauh Sekjen Kementan Syukur Iwantoro mengungkapkan, sektor pertanian sebenarnya berkembang sebelum Indonesia merdeka. Bahkan, pertanian merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat lampau. Sektor pertanian memainkan peran penting sebagai pemenuhan kebutuhan pangan jutaan masyarakat Indonesia," ungkapnya. (Bhr).

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "KEMENTAN RESMIKAN MUSEUM PERTANIAN DI KOTA BOGOR"