KEPALA BBPP KEMENTAN BATU MALANG WASIS SARJONO BERHASIL RAIH GELAR DOKTOR DI FAKULITAS PERTANIAN BRAWIJAYA

banner 160x600
banner 468x60
Jpeg

Kepala BBPP Batu Malang Dr Wasis Sarjono, S.Pt., M.Si. (foto Bahar JakartaNews)

JAKARTANEWSon- Malang,Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan BPPSDMP Kementan Batu Malang (BBPP Batu Malang) Wasis Sarjono berhasil meraih gelar doktor di Program Doktor Ilmu Pertanian di Fakulitas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Rabu (3/7/2019).

Wasis sarjono saat membacakan disertasi hasil penelitiannya di depan para penguji dan promotor yang berjudul Model Pemberdayaan Peternak Sapi Perah Berbasis Dinamika Kelompok dan Inovasi Ramah Lingkungan. (Kelompok Peternak Sapi Perah di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur). menjelaskan, realitas populasi sapi perah di Indonesia didominasi oleh jawa Timur 50 persen, jumlah produksi susu sapi Jawa Timur berkontribusi 50 persen. Namun, karakteristik peternak sapi perah di Indonesia yang kepemilikannya dan pengetahuan masih rendah serta keterampilannya dan sikapnya juga masih rendah, produksinya pun relatif masih rendah," jelasnya.

Wasis sarjono saat memaparkan disertasi penelitiannya setebal hampir 500 halaman juga menganalisis hubungan kegiatan dinamika kelompok dengan pemberdayaan peternak sapi perah, juga hubungan antara karakteristik peternak dengan kegiatan penerimaan inovasi ramah lingkungan, serta hubungan antara kegiatan dinamika kelompokdengan kegiatan inovasi ramah lingkungan dan Menganalisis hubungan antara kegiatan pemberdayaan dengan kegiatan inovasi ramah lingkungan

"Wasis Sarjono dinyatakan lulus dalam diseertasi menyelesaikan gelar Doktornya oleh para penguji dan promotor setelah melalui tahap demi tahap dengan pertanyaan-pertanyaan yang kritis terkait penelitiannya. Semua Dosen penguji dan promotor sepakat memberikan nilai terbaik dan paling tinggi yaitu nilai A. dengan berhasil menyelesaikan disertasinya dan mendapatkan  gelar barunya, Ia resmi menambah deretan gelar akademik dengan  nama lengkap Dr Wasis Sarjono, S.Pt., M.Si.

Wasis sarjono juga mengungkapkan bahwa perjuangannya tak lepas dari support dan doa banyak pihak. Mulai dari keluarga, kerabat, patner kerja dan para promotor serta penguji," ungkapnya.

Jpeg

"Alhamdulillah saya bersyukur karena saya tidak bermimpi untuk menjadi Doktor. Saya adalah penjaga kebun yang dibimbing Allah untuk mencapai prestasi akademik ini. Terima kasih kepada pihak yang mendukung dan mendoakan saya hingga gelar ini saya dapatkan dengan nilai sempurna," ujarnya.

Ia mengaku bahwa perjuangan akademik ini juga dipersembahkan untuk almarhumah Ibunda tercintanya. Pengakuannya tersebut mendapat apresiasi dari audiens bahkan penguji. Suasana forum mendadak hening ketika Wasis menyampaikan harapan dan pencapaiannya.

"Saya ingin melanjutkan cita-cita almarhumah Ibu saya. Pemberian nama (Wasis) ini menjadi spirit saya untuk selalu berjuang," sambil menangis terharu di atas podium saat mendapatkan gelar Doktornya.

Menurutnya, nama Wasis ini (dalam bahasa Jawa) berarti pandai. Pemberian nama Wasis oleh ibunya, baginya adalah tantangan supaya bisa diwujudkan.

Wasis Sarjono yang kelahiran Klaten Jawa Tengah dan istri dari Sulawesi selatan ini berharap kepada banyak pihak, agar bisa mendapatkan manfaat dari disertasi yang berjudul Model Pemberdayaan Peternak Sapi Perah Berbasis Dinamika Kelompok dan Inovasi Ramah Lingkungan bisa disinergikan dengan para penyuluh diberbagai daerah di seluruh Indonesia terutama di Jawa timur," harapnya.

Lebih jauh Kepala BBPP Kota Batu malang ini mengatakan, Semoga karya akademik ini yang sudah ditelitinya bermanfaat secara lokal bahkan nasional untuk pengembangan pemberdayaan peternak sapi perah yang ramah lingkungan di Indonesia," katanya . (Bahar)

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "KEPALA BBPP KEMENTAN BATU MALANG WASIS SARJONO BERHASIL RAIH GELAR DOKTOR DI FAKULITAS PERTANIAN BRAWIJAYA"