PT KAI ANTISIPASI PEMUDIK LEBARAN,32 KERETA TAMBAHAN DISIAPKAN

banner 160x600
banner 468x60
kereta api

Penumpang Kereta Api (*)

JakartanewsON- Mengantisipasi melonjaknya jumlah calon penumpang kereta api untuk mudik lebaran tahun ini,PT KAI akan menyiapkan 32 KA atau 293 rangkaian tambahan untuk wilayah Jawa, 32 KA tambahan tersebut terdiri dari 18 KA tambahan komersial serta 14 KA ekonomi subsidi (PSO), dengan total tempat duduk mencapai 197.136 kursi.Demikian disampaikan Direktur IT PT KAI, Kuncoro Wibowo pada saat acara konferensi pers di kantornya kawasan Jln Juanda,Jakarta Senin (12/05).
 
Ia juga mengatakan,18 KA tambahan komersial itu yakni Argo Lawu Leb (Jakarta-Solo/pp), Gajayana Leb (Jakarta-Malang/pp), Gumarang Leb (Jakarta-Surabaya/pp), Purwojaya Leb (Pasar Senen Jakarta-Kutoarjo/pp), Lodaya Leb Pagi (Bandung-Solo/pp), Lodaya Leb Malam (Bandung-Solo/pp), Sancaka Leb (Yogyakarta-Surabaya Gubeng/pp), Jaka Tingkir (Pws-Pasar Senen Jakarta/pp) dan Kutojaya Utara Leb Pagi (Pasar Senen-Kutoarjo/pp),"kata Kuncoro Wibowo.

Kuncoro Wibowo juga menjelaskan, adapun 14 KA ekonomi PSO (subsidi) yang menjadi KA tambahan adalah, KA Tawang Jaya Leb (Semarang Poncol - Pasarsenen/pp), KA Pasundan Leb (Surabaya Gubeng - Kiaracondong/pp) dan KA Kutojaya Utara Leb (Pasar Senen - Kutoarjo/pp). KA Kutojaya Selatan Leb (Kiaracondong - Kutojaya/pp), KA Kertajaya Leb (Pasarsenen - Surabaya Pasar Turi/pp), KA Matarmaja Leb (Pasarsenen - Malang/pp) dan KA Mantap Leb (Pasar Senen - Madiun/pp).

"PT KAI memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kereta api tahun ini akan meningkat 3 persen, atau mencapai 4 juta pemudik,"kata Kuncoro Wibowo.

Kuncoro Wibowo juga menegaskan,dalam Grafik Perjalanan Kereta Api 2014(Gapeka) terdapat penambahan jumlah KA. Untuk KA penumpang jarak jauh di Jawa, mengalami penambahan jumlah KA dari 138 KA menjadi 182 KA. Sedangkan untuk KA barang, mengalami penambahan 98 KA menjadi 113 KA. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk mengecek kembali jadwal keberangkatan KA,"tegasnya.

Ia juga mengatakan,tiket KA yang dijual pada masa angkutan lebaran dan seterusnya, jadwal keberangkatan dan kedatangannya disesuaikan dengan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2014 yang berlaku mulai 1 Juni 2014,"kata Kuncoro Wibowo.

Kuncoro Wibowo juga mengungkapkan,penjualan tiket kereta tambahan untuk angkutan mudik Lebaran tahun ini akan mulai dibuka pada 15 Mei 2014. "Penjualan dilakukan secara online,"ungkapnya.  (Bahar)

 

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "PT KAI ANTISIPASI PEMUDIK LEBARAN,32 KERETA TAMBAHAN DISIAPKAN"