KETUA DPR RI, SETYA NOVANTO : INDONESIA TERTINGGI DI DUNIA PERTUMBUHAN EKONOMINYA

banner 160x600
banner 468x60

JKETUA DPR RIJAKARTANEWSon-Ketua Umum DPP Partai Golkar, Setya Novanto mendorong agar pemerintah bersama-sama DPR memastikan agar tahun ini tidak ada pemangkasan anggaran belanja negara, seperti tahun lalu.

“Tahun lalu, pemangkasan anggaran dilakukan dengan pertimbangan karena pemerintah memperkirakan adanya potensi pelebaran defisit hingga 2,7 persen, jauh melebihi APBN-P 2016, yang mematok defisit 2,35 persen. Defisit anggaran 2016 sendiri realisasinya mencapai 2,46 persen,” kata Novanto ketika membuka Seminar Sehari bertema “Problem Defisit Anggaran dan Strategi Optimalisasi Penerimaan Negara 2017” yang diselenggarakan Poksi XI Faksi Partai Golkar DPR RI, yang Aditya Anugrah Moha selaku ketua panitia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/2/2017). Seminar sehari yang menghadirkan juga Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani sebagai keynote speaker.

Perihal ini, Novanto menambahkan bahwa permasalahan defisit anggaran dari tahun ke tahun selalu berulang, akibat target penerimaan negara belum tercapai. Namun demikian, kalaupun pada akhirnya pelebaran defisit anggaran menjadi pilihan, harus dimaknai secara positif, yaitu untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi.

“Sebagaimana kita ketahui, ekonomi 2016 tumbuh 5,02 persen lebih tinggi dibanding capaian 2015 sebesar 4,88 persen. Dengan pertumbuhan di atas 5 persen, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia,” paparnya.

Pertumbuhan ekonomi 2016, lanjut Ketua DPR RI ini juga, berhasil memutus tren perlambatan pertumbuhan yang terjadi sejak 2011, yang tentunya menimbulkan eksepsi positif bahwa pertumbuhan 2017 akan lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Perlu saya tegaskan, meski pelebaran defisit adalah pilihan logis untuk mengamankan APBN, tapi itu bukanlah pilihan utama. Maka yang harus dilakukan pemerintah untuk mengamankan APBN 2017, dengan mencari terobosan bagaimana cara meningkatkan penerimaan negara yang tidak kontraproduktif dengan upaya pemerintah dalam memperbaiki iklim investasi,” kata Novanto.

Politik Anggaran
Di sisi lain, Novanto juga menjelaskan, politik anggaran harus dapat peningkatan kapasitas ekonomi nasional. Dengan adanya peningkatan kapasitas ekonomi nasional, diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan.

“Namun tentunya, pertumbuhan ekonomi harus memiliki dimensi keadilan, sehingga bisa secara signifikan mengurangi tingkat kemiskinan dan ketimpangan,” imbuhnya.

Novanto juga mengatakan bahwa saat ini beberapa langkah terobosan untuk mengatasi persoalan ketimpangan yang diambil pemerintah. Misalnya, pada tahun 2017 pemerintah akan melakukan retibusi aset sebagai tindaklanjut program reforma agraria. Selain skema retribusi aset, dalam program reforma agaria juga dilaksanakan skema legalisasi aset tanah.

“Upaya konkrit pemerintah untuk mengatasi persoalan ketimbangan juga nampak dari upaya meningkatkan akses dan alokasi kredit bagi usaha rakyat (UMKM). Untuk itu, pemerintah memberi subsidi buka untuk kredit usaha rakyat (KUR). Dengan subsidi bunga tesebut, tingkat bunga KUR bisa dibawah tingkat bunga pasar,” katanya. Karena itu dia yakin kebijakan KUR dapat menjadi salah satu instrumen untuk memperbaiki tingkat ketimpangan.

“Saya yakin, satu rupiah untuk pelaku UMKM akan lebih menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yaitu pertumbuhan yang melibatkan partisipasi semua lapisan masyarakat dan menggerakan seluruh sektor ekonomi,” pungkas Setya Novanto. (*/win)

  

Bagikan Artikel Ini:
banner 468x60
author
No Response

Leave a reply "KETUA DPR RI, SETYA NOVANTO : INDONESIA TERTINGGI DI DUNIA PERTUMBUHAN EKONOMINYA"